Senin, Juni 29, 2009

Diophantine Algebra

Diophantus was a Hellenistic mathematician who lived circa 250 AD, but the uncertainty of this date is so great that it may be off by more than a century. He is known for having written Arithmetica, a treatise that was originally thirteen books but of which only the first six have survived. Arithmetica has very little in common with traditional Greek mathematics since it is divorced from geometric methods, and it is different from Babylonian mathematics in that Diophantus is concerned primarily with exact solutions, both determinate and indeterminate, instead of simple approximations.
In Arithmetica, Diophantus is the first to use symbols for unknown numbers as well as abbreviations for powers of numbers, relationships, and operations; thus he used what is now known as syncopated algebra. The main difference between Diophantine syncopated algebra and modern algebraic notation is that the former lacked special symbols for operations, relations, and exponentials.
Write True or False.
  1. Diophantus was a Hellenistic mathematician who lived circa 150 AD, but the uncertainty of this date is so great that it may be off by more than a century.
  2. The main difference between Diophantine syncopated algebra and modern algebraic notation is that the former lacked special symbols for operations, relations, and exponentials.
  3. Arithmetica has very little in common with traditional Greek mathematics since it is divorced from geometric methods.
  4. Diophantus is known for having written Arithmetica, a treatise that was originally six books and now be thirteen books.
  5. In Arithmetica, Diophantus is the second to use symbols for unknown numbers as well as abbreviations for powers of numbers, relationships, and operations.
Answer:
1. F      2. T      3. T      4. F      5. F



Rabu, Juni 10, 2009

Langkah – langkah Pembuatan Daftar Isi Otomatis

Dalam penyusunan buku, makalah, karya ilmiah dll terdapat bagian dalam proses penyusunan yang sangat penting dan harus ada, yaitu Daftar Isi. Daftar isi memudahkan para pembaca dalam memahami dan mengetahui isi dari suatu sumber bacaan. Seringkali, dalam pembuatan daftar isi terjadi kesulitan sebab proses penulisan dan pembuatan dilakukan secara manual yang membutuhkan waktu yang lama. Kini, diharapkan dengan adanya tulisan ini dapat mempermudah Anda dalam membuat daftar isi otomatis.

Berikut beberapa langkah pembuatan daftar isi Otomatis :

1. Pembuatan daftar isi dilakukan setelah proses penulisan atau pengetikan unsur unsur dari suatu bahan bacaan seperti Bagian Isi, Penutup, Kata pengantar, dll, selesai.

2. Kemudian beri nomor halaman dengan cara :
a. Klik Insert, lalu klik Page numbers maka akan muncul kotak dialog.
b. Isi position dan alignment.
c. Jika Ingin jenis angka yang lain, klik Format lalu pilih number format.
d. Klik Ok.

3. Buat heading dari setiap judul pada Bab dan Sub Bab dari isi bahan bacaan dengan cara :
* Blok judul, pilih style huruf di Styles and formatting pada menu Toolbar. Pilih Heading 1, Heading 2 atau Heading 3.

Contoh :
A. Telekomunikasi dan Informasi Heading 1
1. Pengertian Telekomunikasi Heading 2
a. Bagian-bagian Telekomunikasi Heading 3

4. Buat Text document baru, lalu letakkan pointer pada teks tersebut.
5. Klik View, lalu Document Map, untuk melihat hasil pengheadingan.
6. Klik Insert, lalu pilih Reference.
7. Kemudian pilih Index and Tables, maka akan muncul kotak dialog :
8. Klik Ok.
Selamat Mencoba, Semoga berguna !!!!!!!!




Selasa, Juni 09, 2009

Lima Mitos Belajar Matematika

BANYAK mitos menyesatkan mengenai matematika. Mitos-mitos salah ini memberi andil besar dalam membuat sebagian masyarakat merasa alergi bahkan tidak menyukai matematika. Akibatnya, mayoritas siswa kita mendapat nilai buruk untuk bidang studi ini, bukan lantaran tidak mampu, melainkan karena sejak awal sudah merasa alergi dan takut sehingga tidak pernah atau malas untuk mempelajari matematika. Meski banyak, namun ada lima mitos sesat yang sudah mengakar dan menciptakan persepsi negatif terhadap matematika.

Mitos pertama,

matematika adalah ilmu yang sangat sukar sehingga hanya sedikit orang yang atau siswa dengan IQ minimal tertentu yang mampu memahaminya. Ini jelas menyesatkan. Meski bukan ilmu yang termudah, matematika sebenarnya merupakan ilmu yang relatif mudah jika dibandingkan dengan ilmu lainnya. Sebagai contoh, amati perbandingan soal untuk siswa kelas 6 sebuah SD swasta berikut ini. Soal pertama, “Sebutkan 3 tarian khas daerah Kalimantan Tengah.” Soal kedua, “ Sebuah lingkaran dibagi menjadi tiga buah juring dengan perbandingan masing-masing sudut pusatnya adalah 2 : 3 : 4, maka hitung besar masing-masing sudut pusat juring-juring tersebut“ .Ternyata, persentase siswa yang menjawab benar soal kedua lebih besar dibandingkan persentase siswa yang menjawab benar soal pertama. Tanpa ingin mengundang perdebatan, contoh di atas menunjukkan, bahwa matematika bukanlah ilmu yang sangat sukar. Soal matematika terasa sulit bagi siswa-siswa kita karena mereka tidak memahami konsep bilangan dan konsep ukuran secara benar semasa di sekolah dasar. Jika konsep bilangan dan ukuran dikuasai, maka pekerjaan menganalisis dan menghitung menjadi hal yang mudah dan menyenangkan.

Mitos kedua,

matematika adalah ilmu hafalan dari sekian banyak rumus. Mitos ini membuat siswa malas mempelajari matematika dan akhirnya tidak mengerti apa-apa tentang matematika. Padahal, sejatinya matematika bukanlah ilmu menghafal rumus, karena tanpa memahami konsep, rumus yang sudah dihafal tidak akan bermanfaat. Sebagai contoh, ada soal berikut, “Benny merakit sebuah mesin 6 jam lebih lama daripada Ahmad. Jika bersama-sama mereka dapat merakit sebuah mesin dalam waktu 4 jam, berapa lama waktu yang diperlukan oleh Ahmad untuk merakit sebuah mesin sendirian ?”.Seorang yang hafal rumus persamaan kuadrat tidak akan mampu menjawab soal tersebut apabila tidak mampu memodelkan soal tersebut ke dalam bentuk persamaan kuadrat. Sesungguhnya, hanya sedikit rumus matematika yang perlu (tapi tidak harus) dihapal, sedangkan sebagian besar rumus lain tidak perlu dihafal, melainkan cukup dimengerti konsepnya. Salah satu contoh, jika siswa mengerti konsep anatomi bentuk irisan kerucut, maka lebih dari 90 persen rumus-rumus irisan kerucut tidak perlu dihafal.

Mitos ketiga,

matematika selalu berhubungan dengan kecepatan menghitung. Memang, berhitung adalah bagian tak terpisahkan dari matematika, terutamapada tingkat SD. Tetapi, kemampuan menghitung secara cepat bukanlah hal terpenting dalam matematika. Yang terpenting adalah pemahaman konsep. Melalui pemahaman konsep, kita akan mampu melakukan analisis (penalaran) terhadap permasalahan (soal) untuk kemudian mentransformasikan ke dalam model dan bentuk persamaan matematika. Jika permasalahan (soal) sudah tersaji dalam bentuk persamaan matematika, baru kemampuan menghitung diperlukan. Itu pun bukan sebagai sesuatu yang mutlak, sebab pada saat ini telah banyak beredar alat bantu menghitung seperti kalkulator dan komputer. Jadi, mitos yang lebih tepat adalah matematika selalu berhubungan dengan pemahaman dan penalaran.

Mitos keempat,

matematika adalah ilmu abstrak dan tidak berhubungan dengan realita. Mitos ini jelas-jelas salah kaprah, sebab fakta menunjukkan bahwa matematika sangat realistis. Dalam arti, matematika merupakan bentuk analogi dari realita sehari-hari. Contoh paling sederhana adalah solusi dari Leonhard Euler, matematikawan Prancis, terhadap masalah Jembatan Konisberg. Selain itu, hampir di semua sektor, teknologi, ekonomi dan bahkan sosial, matematika berperan secara signifikan. Robot cerdas yang mampu berpikir berisikan program yang disebut sistem pakar (expert system) yang didasarkan kepada konsep Fuzzy Matematika. Hitungan aerodinamis pesawat terbang dan konsep GPS juga dilandaskan kepada konsep model matematika, goneometri, dan kalkulus. Hampir semua teori-teori ekonomi dan perbankan modern diciptakan melalui matematika.

Sedangkan mitos kelima menyebutkan,

matematika adalah ilmu yang membosankan, kaku, dan tidak rekreatif. Anggapan ini jelas keliru. Meski jawaban (solusi) matematika terasa eksak lantaran solusinya tunggal, tidak berarti matematika kaku dan membosankan. Walau jawaban (solusi) hanya satu (tunggal), cara atau metode menyelesaikan soal matematika sebenarnya boleh bermacam-macam.Sebagai contoh, untuk mencari solusi dari dua buah persamaan, dapat digunakan tiga cara yaitu, metode subtitusi, eliminasi, dan grafik. Contoh lain, untuk membuktikan kebenaran teorema Phytagoras, dapat dipergunakan banyak cara. Bahkan menurut pakar matematika, Bana G. Kartasasmita, hingga saat ini sudah ada 17 cara untuk membuktikan teorema Phytagoras. Solusi matematika yang bersifat tunggal menimbulkan kenyamanan karena tegas dan pasti. Selain tidak membosankan, matematika juga rekreatif dan menyenangkan. Albert Einstein, tokoh fisika terbesar abad ke-20, menyatakan bahwa matematika adalah senjata utama dirinya dalam merumuskan konsep relativitasnya yang sangat terkenal tersebut. Menurut Einstein, dia menyukai matematika ketika pamannya menjelaskan bahwa prosedur kerja matematika mirip dengan cara kerja detektif, sebuah lakon yang sangat disukainya sejak kecil. Memang, cara kerja matematika mirip sebuah games. Mula-mula kita harus mengidentifikasi variabel-variabel atau parameter-parameter yang ada melalui atributnya masing-masing. Setelah itu, laksanakan operasi di antara variabel dan parameter tersebut. Yang paling menyenangkan, dalam melakukan operasi kita dibebaskan melakukan manipulasi (trik) semau kita agar sampai kepada solusi yang diharapkan. Kebebasan melakukan manipulasi dalam operasi matematika inilah yang menantang dan mengundang keasyikan tersendiri, bak sedang dalam permainan atau petualangan. Karena itu, tidak mengherankan jika terkadang kita menjumpai siswa yang asyik menyendiri dengan soal-soal matematikanya.Selain itu, secara intrinsik matematika juga memiliki angka berupa bilangan bulat yang mengandung misteri yang sangat mengasyikkan. Misalnya Anda melakukan operasi perkalian maupun pertambahan terhadap dua bilangan tertentu, maka terkadang akan muncul bilangan yang memiliki bentuk simetri tertentu. Contoh lain, Anda dapat menunjukkan kemahiran menebak dengan tepat angka tertentu yang telah mengalami beberapa operasi. Bagi yang belum memahami matematika, kemampuan Anda menebak angka dianggap sihir, padahal itu merupakan operasi.

Matematika

adalah ilmu yang mudah dan menyenangkan. Karena itu, siapa pun mampu mempelajarinya dengan baik. Untuk itu, tugas utama kita adalah merobohkan mitos-mitos sesat di sekeliling matematika




Jumat, Juni 05, 2009

Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Komunikasi merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia baik bagi pertumbuhannya maupun bagi keperluan mempertahanankan kehidupannya. Pada abad sekarang ini, penyampaian informasi sudah semakin canggih, dimulai dari komunikasi sederhana sampai pada komunikasi elekronik. karena didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang, sehingga mempermudah kita dalam melakukan pertukaran informasi, transaksi, dalam segala hal. Kemudahan dalam melakukan komunikasi ini tidak lepas dari peralatan telekomunikasi yang semakin berkembang. Dengan adanya peralatan telekomunikasi ini, memungkinkan manusia di seluruh belahan dunia untuk dapat bertukar informasi secara lebih cepat, tepat dan akurat.
Pengertian teknologi informasi dan komunikasi dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Menurut Haag dan Keen ( 1996 ), teknologi informasi adalah seperangkat alat yang digunakan untuk membantu dalam melakukan tugas – tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Menurut Martin ( 1999 ) Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Menurut Williams dan Sawyer ( 2003 ) Teknologi informasi adalah penggabungan komputasi (computer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
Teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi B. Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. LCD Proyektor
Liquid Crystal Display (LCD) Proyektor adalah alat komunikasi untuk menyampaikan informasi dan biasanya digunakan untuk menampilkan dokumen atau presentasi di layar.
2. Telepon
Telepon adalah peralatan yang mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui kabel jaringan telepon dan sebaliknya mengubah energi listrik menjadi suara. Telepon berasal dari bahasa Yunani, tele, berarti jauh dan phone berarti suara. Telepon terdiri atas empat bagian utama, yaitu mekanisme dialing, transmitter, ringer dan receiver.
3. Faksimile (Faks)
Melalui saluran telepon dikirimkan informasi berita berupa gambar statis atau sesuatu yang tertulis atau tercetak dapat dianalogikan dengan mesin fotocopy jarak jauh.
4. Televisi
Televisi berasal dari kata tele yang artinya jauh dan vision, yang artinya tampak, jadi televisi artinya dapat melihat dari jarak jauh. Televisi adalah sistem komunikasi yang mengirimkan gambar dan suara dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Televisi dibuat berawal dari ditemukannya cakram metal (logam) kecil yang berputar dan memiliki banyak lubang oleh Paul Nipkow pada tahun 1883. Saat ini televisi merupakan alat komunikasi yang ada hampir di setiap rumah, karena merupakan media informasi dan hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.
5. Personal Data Assistance (PDA)
PDA sering disebut juga Pocket PC adalah komputer mini yang dapat dimasukkan kedalam saku. Digunakan untuk pengolahan data dan penyajian informasi. Sekarang ini beberapa seri PDA juga digabungkan dengan GSM sehingga dapat berfungsi sebagai telephone bergerak (Handphone).
6. Telepon Seluler
Telepon seluler merupakan gabungan antara teknologi radio dengan teknologi telepon. Perkembangan teknologi wireless dan teknologi seluler dimulai sejak tahun 1940 saat teknologi telepon mobile diperkenalkan. Teknologi ini mengalami hambatan sekitar kurang lebih 60 tahun. Hal ini disebabkan perkembangan teknologi transistor atau semikonduktor belum ditemukan. Setelah ditemukannnya transistor perkembangan teknologi ini semakin pesat.
Perkembangan teknologi telepon tanpa kabel (wireless) saat ini diantaranya adalah AMPS (Advance mobile phone system), GSM (Global system for mobile system) dan CDMA (Code Division Multiple Access).
a. AMPS
AMPS merupakan generasi pertama pada teknologi selular. Sistem ini dialokasikan pada band 800 Mhz. jaringan ini menggunakan sirkuit terintergrasi yang sangat besar yang terdiri dari Computer Dedicated dan System Switch.
AMPS menggunakan range frekuensi antara 824 Mhz – 894 Mhz yang diperuntukan pada ponsel analog. AMPS hanya di operasikan pada band 800 Mhz dan tidak menawarkan fitur lain yang umum digunakan pada layanan selular seperti e-mail dan browsing di web. Kualitas suara yang kurang bagus serta beberapa permasalahan teknis menjadi kendala dari sistem AMPS ini sehingga sistem ini tidak berkembang dan bahkan ditinggalkan setelah teknologi digital berkembang.
b. GSM (Global System for Mobile Telecomunication)
GSM merupakan generasi kedua setelah AMPS, GSM pertama kali dikeluarkan pada tahun 1991 dan mulai berkembang pada tahun 1993 dengan diadopsi oleh beberapa negara seperti Afrika Selatan, Australia, Timur Tengah, dan Amerika Utara. Perkembangan pesat dari GSM disebabkan karena penggunaan sistem yang digital sehingga memungkinkan pengembang untuk mengeksploitasi penggunaan algoritma dan digital serta memungkinkannya penggunaan Very Large Scale Intergration (VLSI). Untuk mengurangi dan memperkecil biaya Handled terminalnya, pada saat ini GSM telah menggunakan fitur Intelegent Network (jaringan kecerdasan).
GSM adalah sistem telekomunikasi bergerak dengan menggunakan sistem selular digital. GSM pertama kali dibuat memang dipersiapkan untuk menjadi sistem telekomunikasi bergerak yang memiliki cakupan internasional berdasarkan pada teknologi MultIplexing Time Division Multiple access (TDMA). GSM mempunyai frekuensi 900 Mhz selain itu GSM juga menggunakan frekuensi 1800 Mhz dengan nama Personal Communication Network. GSM juga menyediakan layanan untuk mengirimkan data dengan kecepatan tinggi yang menggunakan teknologi High Speed Circuit Switch Data (HSCSD) yang mampu mengirimkan data sampai 64 Kbps hingga 100 Kbps. Di Indonesia jaringan GSM ditempati oleh PT. Telkomsel, Exelkomindo, Satelindo, Indosat.
c. CDMA
CDMA merupakan generasi ketiga. Teknologi telepon tanpa kabel sangat dirasakan perkembangannya dengan munculnya berbagai macam jenis telepon selular. Sekarang ini yang sedang berkembang adalah telepon tanpa kabel yang menggunakan Code Division Multiple Access yang menggunakan teknik penyebaran spectrum. Berbeda dengan metode Global System for Mobile Communication (GSM) yang menggunakan Time Division Multiplexing (TDM), CDMA tidak memberikan penanda pada frekuensi khusus pada setiap user. Setiap channel menggunakan spectrum yang tersedia secara penuh. Percakapan individual akan di encode atau di sandikan dengan pengaturan digital secara pseudo random.
CDMA merupakan perkembangan AMPS yang pertama kali digunakan oleh militer Amerika Serikat sebagai komunikasi intelejen pada waktu perang. Perkembangan CDMA tidak secepat perkembangan GSM yang banyak diadopsi oleh sebagian besar operator di berbagai macam Negara. Di Indonesia untuk jaringan CDMA ditempati oleh PT. Mobile-8, Telecom, Telkomflexy dan Esia.
7. Radio
Radio alat komunikasi yang mengrimkan suara melalui udara dengan gelombang elektromagnetik. Radio berperan dalam penyebaran informasi (mendengarkan berita), media hiburan (mendengarkan musik, drama), untuk komunikasi pada pesawat, kapal, aparat kepolisian dan militer juga menggunakan radio sebagai sarana komunikasi jarak jauh.
8. Telegraf
Alat telekomunikasi ini sekarang sudah jarang digunakan, setelah banyaknya ditemukan alat komunikasi yang fungsinya lebih baik dari telegraf. Telegraf menggunakan kode-kode morse dalam menuliskan pesan atau berita dan kemudian dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik.
C. Komputer dan Internet
Komputer dan internet merupakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang sangat penting sekarang ini. Hampir semua sarana dan prasarana baik instansi pemerintah,swasta mapun dirumah-rumah menggunakan komputer untuk mengolah dan menyimpan data. Sedangkan internet digunakan sebagai sarana mencari dan menyebarkan informasi ke seluruh dunia.
Komputer
Komputer bermula dari sebuah mesin hitung (kalkulator). Istilah komputer berasal dari bahasa Latin “Computare” yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut “to Compute”. Dalam perkembangannya sampai sekarang ini, komputer tidak hanya berfungsi sebagai alat hitung tetapi sudah banyak dipergunakan di berbagai bidang, seperti kedokteran, perbankan, pendidikan, penerbangan, dan sebagainya. Dari berbagai komputer dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis.
Berdasarkan data yang diolahnya, komputer digolongkan menjadi tiga golongan, yaitu komputer analog, komputer digital dan komputer hybrid.
Komputer Analog
Komputer yang bekerja berdasarkan data kualitatif (data tidak berbentuk angka) tetapi masih berupa suatu keadaan, seperti : arus listrik, temperatur, kecepatan, tekanan dan sebagainya.
Komputer Digital
Komputer yang bekerja berdasarkan data kuantitatif (dalam bentuk digital) dengan menggunakan sistem biner. Contoh : Komputer yang ada sekarang ini.
Komputer Hybrid
Komputer yang bekerja berdasarkan data analog dan digital
Berdasarkan penggunaannya, komputer digolongkan menjadi special purpose computer dan general purpose computer.
Special Purpose Computer
Komputer yang dibuat untuk tujuan-tujuan khusus, untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus. Contoh : komputer untuk perbankan, penerbangan, kedokteran dan lain-lain.
General Purpose Computer
Komputer yang dibuat untuk tujuan umum dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan.
Berdasarkan kemampuannya, komputer digolongkan ke dalam 3 bagian yaitu : Small scale computer, Medium scale computer, Large scale computer
Small scale computer
Komputer skala kecil, merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat.
Medium scale computer
Komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini. Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena microprocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan microprocessor yang digunakan pada personal komputer.
Large scale computer
Komputer untuk skala besar. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.
Berdasarkan kapasitasnya, komputer dapat dibedakan menjadi empat jenis yaitu; Micro Computer, Mini Computer, Super komputer dan Mainframe.
Micro Computer
Komputer ini disebut juga personal computer, berukuran kecil, biasanya satu komputer hanya dipergunakan oleh satu orang saja. Contoh : PC, Laptop,dan lain-lain
Mini Computer
Komputer yang memiliki ukuran lebih besar, biasa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga. Komputer mini bersifat multi-user (pemakainya banyak), yaitu sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai.
Super Computer
Komputer yang mempunyai kinerja sangat tinggi, biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemrosesan yang sangat besar.
Mainframe
Mainframe atau large-scale mainframe computer mempunyai bentuk fisik yang besar seperti lemari. Komputer jenis ini banyak digunakan di perusahaan-perusahaan besar.
Internet
Internet adalah kepanjangan dari Interconnected Network atau jaringan Komputer yang saling terhubung satu sama lain di seluruh dunia. Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan tiga situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Dahulu tampilan informasi yang ada di internet tidak graphical seperti sekarang masih teks mode berupa menu down dan baris perintah. Kemudian pada tahun 1989, Timothy Berners Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan gambar, suara, film dan musik dapat ditampilkan dalam internet.
Saat ini penggunaan internet telah memasuki hampir seluruh aspek kehidupan, mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, sosial, komunikasi, keagamaan bahkan hiburan. Di bidang pendidikan, dengan adanya internet, dapat belajar secara online, perpustakaan online. Dibidang ekonomi adanya perdagangan saham secara online, transaksi perbankan online, dan sebagainya.

EVALUASI
A. Pilihan Ganda
1 Alat telekomunikasi yang menggunakan pulsa listrik dalam mengirim dan menyampaikan pesan adalah….
a. Telepon
b. Telegraf
c. Televisi
d. Radio
2 Alat telekomunikasi yang mengirimkan suara dengan menggunakan gelombang elektromagnetik adalah….
a. Telepon
b. Telegraf
c. Televisi
d. Radio
3. Alat telekomunikasi yang berfungsi mengirimkan teks dan gambar melalui kabel telepon adalah....
a. Televisi
b. Faksimile
c. Radio
d. Telepon
4. Teknologi telepon bergerak (handphone) yang digunakan saat ini adalah....
a. GSM dan Flexi
b. GSM dan CDMA
c. CDMA dan Esia
d. CDMA dan Pro-XL
5. Alat komunikasi ini berfungsi mengubah suara menjadi energi listrik dan begitu juga sebaliknya mengubah energi listrik menjadi suara disebut….
a. Telegraf
b. Televisi
c. Telepon
d. Radio
6. Teknologi komunikasi ini merupakan gabungan dari hasil penemuan radio dan telepon adalah….
a. Televisi
b. Telepon
c. Radio
d. Faks
7. Penemuan televisi berawal dari ditemukannya….
a. Transistor
b. Cakram metal
c. Alumunium
d. Besi
8. Penemu World Wide Web (WWW) adalah….
a. Timothy Berners-Lee
b. Lady Augusta
c. Paul Nipkow
d. Blaise Pascal
9. Internet adalah kepanjangan dari….
a. International Network
b. International Networking
c. Interconnected Network
d. Internal Network
10. Komputer mini yang dapat dimasukkan kedalam saku dan dapat berfungsi sebagai handphone adalah….
a. Laptop
b. Notebook
c. PDA
d. PC
B. Essay berstruktur
1. Layanan pesan singkat disebut…..
2. Layanan aplikasi multimedia disebut….
3. Teknologi G3 menyediakan layanan ….
4. Teknologi yang digunakan pada CDMA adalah….
5. Jaringan yang terhubung satu sama lain diseluruh dunia
disebut….
6. Internet pada awalnya bernama….
7. Komputer berasal dari bahasa latin “computare” yang artinya….
8. Komputer yang bekerja berdasarkan data kualitatif disebut….
9. Komputer yang merupakan gabungan dari data analog dan
digital disebut….
10. Komputer yang dibuat untuk tujuan-tujuan khusus disebut….
C. Soal Analisis
1. Apakah kita masih dapat menggunakan telepon ketika aliran
listrik mati ?
2. Mengapa kita tidak boleh menggunakan handphone ketika di
dalam pesawat ?
3. Apakah kita masih boleh menyalakan televisi ketika hujan
disertai petir ?
4. Apakah mesin faks akan mati ketika telepon pada mesin faks
mati?
5. Mengapa bila di daerah pegunungan, orang harus
menggunakan antena parabola untuk menangkap siaran televisi
lokal ?
Saykoji ~ Online